Jumat, 10 Oktober 2014

BURUNG Kuau Kerdil. KHAS(Kalimantan Tengah-INDONESIA.)

Bismillah.
Sebenarnya artikel ini terinsperasi dari tugas sekolah dengan tujuan untuk mengenali organisme khas daerah karena menarik sayapun mencoba untuk memposting di blog dan semoga bermanfaat .


Burung Kuau kerdil.
Kuau-kerdil Kalimantan yang bernama latin Polyplectron schleiermacheri, adalah jenis kuau-kerdil berukuran sedang yang berhabitat di hutan hujan dataran rendah Pulau Kalimantan. Kuau masuk dalam daftar apendiks cites, namun masih juga banyak diburu karena rusaknya habitat hutan. Kuau ini adalah jenis kuau merak yang paling langka dan sudah jarang ditemui. Cirinya adalah ukuran tubuhnya yang maksimal dapat tumbuh sampai 50 cm dengan bintik-bintik pada tubuhnya. Kuau merak Kalimantan masih berkerabat dengan kuau-kerdil Malaya dan kuau-kerdil Palawan.
Semula saya tidak kenal dengan Kuau kerdil jenis peashent ini. Namun setelah gabung dengan teman-teman APAHI (Asosiasi Pelestari Ayam Hutan Indonesia) saya mulai mengenal banyak jenis hewan liar yang ada di Indonesia. Selain Kuau, masih ada hewan lain yang masuk jenis peashent seperti Sempidan misalnya. Kedua jenis unggas itu begitu indah penampilannya, seperti ayam hutan dan juga jenis peashent lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive