Selasa, 21 Oktober 2014

Burung Alap-alap Khas (Indonesia)

Bismillah.Sebenarnya artikel ini terinsperasi dari tugas sekolah dengan tujuan untuk mengenali organisme khas daerah karena menarik sayapun mencoba untuk memposting di blog dan semoga bermanfaat.


Alap-alap atau dalam bahasa Inggrisnya Falcon adalah jenis burung pemangsa dari famili Falconidae. Berbeda dengan Elang dan Rajawali dari suku Accipitridae, Alap-alap mempunyai sayap yang lebih sempit dan runcing, paruh lebih pendek dan melengkung, cakar membulat, iris mata gelap serta gaya terbang yang lebih cepat dan akrobatis. Kecepatan terbang Alap alap diklaim punya akurasi yang lebih baik dibanding burung Elang. Gaya akrobatik Alap alap dijadikan inspirasi pembuatan pesawat tempur modern, seperti pesawat Falcon buatan Amerika.

Di bawah ini adalah beberapa fakta tentang burung ini :

1. Burung Alap-alap mempunyai kecepatan melebihi Elang. Mungkin ini disebabkan karena ukuran tubuhnya yang lebih kecil ketimbang Elang. Dengan berat yang ringan dan struktur tubuh yang sangat aerodinamis, ia tidak hanya mampu terbang cepat, tetapi juga bergerak dengan berbagai manuver. Alap alap dapat dikategorikan ke dalam hewan tercepat, yakni dengan kecepatan yang bisa mencapai 320 km/jam.

2. Seperti halnya kelompok burung pemangsa yang terbang di udara, mata alap-alap juga mempunyai akurasi yang tinggi. Alap-alap mempunyai daya penglihatan yang tajam dan memiliki akurasi 2.6 kali mata manusia. Tidak heran meskipun berada di tempat tinggi, ia tetap bisa melihat mangsanya dengan jelas.
3. Makanan dari burung karnivora ini

adalah hewan kecil dengan ukuran yang lebih kecil darinya. Beberapa hewan yang biasanya menjadi sasaran utama sebagai santapannya adalah anak ayam, burung merpati, burung nuri, burung jalak, dan yang lainnya.

4. Selain bisa melakukan serangan terhadap mangsa di darat, burung Alap-alap mampu melakukan penyergapan terhadap burung lain di udara dari segala sisi. Ini adalah salah satu keunggulan dari burung Alap-alap yang memiliki kemampuan untuk berburu di udara.

5. Nama Alap-alap dalam bahasa Inggris, adalah Falcon berasal dari kata Falx yang berarti sabit.

6. Alap alap adalah sahabat bagi petani karena mereka memangsa tikus sawah. Alap-alap juga dapat dijadikan peliharaan bila dilatih sejak kecil dengan sabar, namun sepertinya bakal berurusan dengan pihak yang berwajib karena saudara Elang ini termasuk hewan yang dilindungi juga 

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive